Apa itu Service Mode Key pada Televisi ?

In Tips Service
Advertisement

Service Mode Key pada televisi pastinya sudah diketahui oleh kebanyakan teknisi TV yang sudah berpengalaman, service menu mode pada tiap merk TV pasti berbeda, misalnya untuk Sharp, Samsung, LG, Sanyo pasti berbeda untuk cara akses ke menu service nya baik itu TV tabung atau TV LCD. Tetapi sebelum melangkah lebih jauh ke cara masuk menu service TV ini mungkin ada yang belum tahu apa sih menu service mode ini ?

Service Mode key atau sering disebut juga Service Key adalah kode servis tv atau kunci yang wajid dimiliki oleh teknisi TV supaya bisa masuk kedalam service mode TV yang sedang di repair. Apakah service key ini harus dimiliki setiap melakukan perbaikan televisi ? jawabannya tidak juga. Jika anda selaku teknisi misalkan mengganti crt rusak, IC Eeprom atau Deflection Yoke maka dibeberapa kasus kita harus masuk ke service mode untuk melakukan adjustmen sehingga TV yang dilakukan penggantian komponen tersebut bisa menampilkan gambar yang sempurna.

Saya sendiri juga pernah menemukan pada TV Samsung settingan gambar menjadi geser horizontal sedikit ke kanan maka tidak perlu membuka casing TV lalu troubleshooting penyebabnya apa cukup buka service menu code TV tersebut lalu setting H-EW (horizontal east west) untuk menggeser posisi gambar sesuai yang diinginkan. Pada merk TV lain kode servis ini namanya mungkin berbeda pada LG atau Sanyo.

Service Menu Code LCD TVGambar contoh service menu code pada LCD TV

Lalu apakah troubleshooting tidak diperlukan ? biasanya jika saya menemukan bergesernya gambar masih dalam batas toleransi yang wajar, saya hanya akan setting di service mode saja. Tetapi jika sudah tidak normal maka harus dilakukan perbaikan karena jika dipaksakan disetting dari menu service mode tidak akan optimal.

Itulah sebabnya kenapa Service Mode Key ini tidak dimasukkan di manual book televisi dan tidak disebarluaskan ke konsumen langsung karena memang peruntukkannya adalah untuk maintenance saja. Bisa dibayangkan jika konsumen yang suka ngoprek mengacak acak value / settingan nilai dari yang seharusnya maka akan menyebabkan kerusakan fatal pada Televisi.

Service menu code panasonicGambar contoh kode servis pada LCD Panasonic

Berikut beberapa kerusakan yang mungkin terjadi jika terdapat kesalahan setting :

Televisi mati total
– Gambar blank tidak muncul apa apa, bisa juga salah satu warna menjadi dominan
– Gambar tidak proporsional, terlalu panjang atau pendek
– Gambar bergeser
– TV tidak bisa menerima siaran
– Suara hilang atau cacat..
– dan lain lain..

Setiap service menu code merk TV misalnya Sharp, Samsung, LG, Sanyo pasti berbeda. Kebanyakan diakses dengan cara menekan tombol tertentu pada remote dengan cepat, bisa dikombinasikan dengan tombol panel kontrol di TV kadang juga jumper. Misalnya saja untuk TV merk Panasonic bisa memiliki lebih dari 7 cara untuk membuka service menu nya, biasanya masing masing kode dinamai dengan kode contohnya PANASONIC KEY-1.

Service Menu Code Sony

Gambar contoh kode servis TV Sony

Yang harus dilakukan jika memang diperlukan masuk ke kode servis tv adalah catat atau foto setiap nilai di menu yang muncul supaya jika terjadi kesalahan setting tinggal diubah ke aslinya. Cara yang lebih teknikal bisa dengan cara membackup Eeprom nya dulu dengan menggunakan Eeprom programmer/ copier. Lalu apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan setting sedangkan tidak punya backup nya. Satu2nya cara bisa dengan mengembalikan ke factory setting default yang biasanya di tiap menu service TV selalu ada. Walaupun terkadang reset factory setting menyebabkan beberapa fungsi pada TV tidak berjalan.

Di artikel berikutnya saya akan share kode kode service TV yang umum, walaupun kebanyakan sudah banyak yang share tapi semoga tetap bisa memberikan sedikit manfaat bagi pengunjung web tips service tv ini.

Terimakasih sudah membaca artikelĀ Service Mode Key pada Televisi di web ini.

Penyebab IC Vertikal Jebol Terus
Penyebab IC Vertikal Jebol Terus
Advertisement www.infoservicetv.com – Penyebab IC Vertikal jebol
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Advertisement www.infoservicetv.com – Kerusakan defleksi yoke pada
TV Rusak Vertikal
TV Rusak Vertikal
Advertisement Sebenarnya TV rusak vertikal banyak jenisnya
TV Kena Petir
TV Kena Petir
Advertisement Kerusakan TV kena petir adalah hal
Panduan Cara Service TV LCD
Panduan Cara Service TV LCD
Advertisement Pengunjung blog ini banyak sekali yang
Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer
Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer
Advertisement Menghemat pemakaian listrik adalah hal yang
Artikel Wajib Baca×

Top