Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer

Menghemat pemakaian listrik adalah hal yang sulit dilakukan saat ini karena mau tidak mau kita selalu tergantung dengan peralatan elektronik seperti komputer microwave, kulkas TV dan lainnya.

Berdasarkan pengalaman saya, komputer adalah salah satu perangkat yang paling besar menggunakan daya listrik. Terlebih lagi jika menggunakannya untuk memainkan game dengan spek yang tinggi.  Kita semua tahu bahwa komputer memang menggunakan daya yang cukup tinggi namun apabila peruntukkannya sudah untuk gaming maka pemakaian daya listriknya akan melonjak.

Bila anda tidak mau tagihan listrik membengkak gara gara komputer maka mau tidak mau harus menggunakan trik yang juga saya lakukan dan terbukti cukup efektif mengurangi pemakaian listrik rumah. Mungkin anda berpikir bagaimana caranya upgrade perangkat komputer bisa menghemat listrik ? berikut akan saya jelaskan komponen apa saja yang menggunakan resource besar dan bagaimana membuat mereka bekerja lebih hemat :

1. CPU

CPU / prosesor yang juga merupakan otak dari komputer bisa menggunakan daya sebesar 100Watt pada sebuah komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Biasanya prosesor model terbaru memiliki teknologi power management yang lebih baik yang memungkinkan prosesor untuk menggunakan lebih sedikit tenaga selain tentunya performa yang lebih baik. Lebih tinggi poin core pada prosesor maka akan lebih baik. Sebagai contoh jika kita memiliki prosesor single core yang berarti 100% pemakaian daya pada saat bekerja.

cpu prosesor Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer

Bandingkan dengan jika kita memiliki prosesor Quad-core (4-core) yang berarti 100% beban komputer pada saat digunakan akan dibagi menjadi 4 (4-core masing masing 25%) dengan pemakaian daya tetap 25%. Itu juga berarti suhu prosesor yang lebih rendah, umur yang lebih panjang dan tentunya pemakaian listrik yang lebih kecil.

2. Upgrade Memori RAM

RAM memori memiliki peranan yang sangat penting sehingga sangat mempengaruhi performa komputer. RAM yang memiliki kapasitas besar tidak hanya akan meningkatkan kecepatan komputer anda tetapi juga akan menghemat penggunaan listrik. Pada RAM ini tersimpan instruksi yang diperlukan supaya komputer dapat bekerja yang artinya semakin besar kapasitas memori maka akan semakin banyak instruksi yang bisa disimpan.

ram komputer Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer

Sedangkan bila kapasitas RAM kecil maka frekuensi write – rewrite instruksi akan berlangsung lebih sering yang artinya pemakaian listrik untuk suplai RAM meori menjadi lebih lama. Ini akan menghemat sedikit pemakaian listrik dan tentunya performa yang meningkat drastis.

3. Kapasitas Hardisk yang lebih besar

Bagaimana kapasitas hardisk berpengaruh terhadap pemakaian listrik ? Pertama kita harus tahu dulu seperti apa cara kerja hardisk. Di dalam hardisk terdapat piringan cakram yang terus berputar, head yang berfungsi untuk membaca dan menulis data terus bergerak menelusuri seluruh permukaan disk untuk mencari data yang diperlukan.

Sehingga misalnya saya ingin mencari sebuah film pada hardisk berkapasitas 500GB dan dalam kondisi full, maka head akan bergerak ke seluruh permukaan disk untuk mencari data yang saya inginkan. Dan bandingkan bila data tersebut saya simpan pada HDD dengan kapasitas 1TB / 1000GB.

hardisk komputer Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer

Maka head hanya akan menelusuri setengah bagian cakram disk untuk bisa mendapatkan film yang saya cari. Sehingga pemakaian HDD yang lebih besar akan menghemat perputaran disk dan pergerakan head menjadi lebih sedikit dan tentunya lebih menghemat listrik.

4. Video Card

video card Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer

Seperti yang saya katakan di awal bahwa sebuah prosesor bisa menggunakan daya hingga 100 Watt. Itu belum apa apa jika dibandingkan dengan VGA Card dengan spek game yang bisa memakan resource hingga 200 Watt. Yang paling menyedihkan adalah kita tidak bisa mengakali bagaimana supaya bagian ini bisa menghemat listrik. Oleh karena itu jika komputer anda lebih sering digunakan untuk aplikasi kantoran, edit video, gambar maka lebih baik menggunakan VGA card yang tidak terlalu besar. Ada juga motherboard yang sudah include VGA Card namun kualitasnya mengecewakan.

5. Power Supply

pc power supply Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer

Dari seluruh point yang saya bahas disini, barangkali komponen inilah yang paling berpengaruh dalam penghematan listrik bila diganti / upgrade. Power Supply Unit / PSU komputer, untuk PSU model lama biasanya memiliki power efisiensi yang kecil sekitar 50-70%. Ini artinya bila PSU anda menggunakan daya hingga 100 Watt listrik PLN, maka keluaran untuk supply komputer anda hanya sekitar 50 Watt saja. Sedangkan sisanya digunakan PSU untuk mensuplai komponen di PSU itu sendiri.

Pada PSU keluaran terbaru biasanya memiliki power efisiensi yang lebih baik bahkan hingga 80-90% dengan panas yang lebih rendah tentunya. Dan bonus yang anda dapatkan jika melakukan upgrade PSU tentu saja, performa komputer yang meningkat signifikan.

6. Monitor

pc monitor Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer

Monitor / display komputer dengan tipe LCD saat ini banyak digunakan dan ini adalah pilihan yang tepat. Untuk monitor lama / CRT biasanya memakan daya listrik 70-100 watt. Sedangkan pada LCD monitor hanya menggunakan 40-60 watt saja dengan ukuran display yang sama. Selain itu penggunaan LCD juga lebih sehat karena tidak mengeluarkan radiasi sebesar tabung CRT yang bisa membuat mata lelah. Selain itu juga banyak kelebihan monitor LCD yang lainnya.

Siap untuk meng-upgrade komputer anda icon smile Cara Mengurangi Pemakaian Daya pada Komputer

Artikel Berhubungan :

Besar Daya yg diperlukan pc,cara menghemat daya komputer,cara menghemat listrik komputer,cara menghemat listrik pc,daya yang dipakai komputer