Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV

In Komponen TV, Tips Service
Advertisement

www.infoservicetv.comKerusakan defleksi yoke pada tv bisa menimbulkan tidak sesuainya gambar yang ditampilkan di layar CRT TV, bisa berupa satu garis horizontal, berupa titik, gambar bergelombang, gambar terpotong atau kerusakan tampilan gambar lainnya seperti pernah disampaikan di artikel TV rusak vertikal.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan lanjut sudah pada tahu kan apa itu defleksi yoke tv ? rekan teknisi bisa mengunjungi link tadi untuk pengertian defleksi yoke, fungsi defleksi yoke dan sedikit referensi untuk pengukuran komponen tv yang berfungsi untuk menarik elektron secara horizontal dan vertikal ini.

Nah berikut dibawah ini adalah ciri kerusakan defleksi yoke pada tv :

  1. Tampilan gambar tampak di tengah tetapi di bagian kanan dan kiri gambar melengkung.
  2. Transistor horizontal jebol terus yang berarti terdapat kerusakan pada kumparan horizontal defleksi yoke (short)
  3. Tampilan raster mengecil atas bawah dan membentuk gelombang di tengah, biasanya karena salah satu kumparan defleksi yoke putus
  4. Timbul suara denging dari flyback
  5. Munculnya asap dibagian belakang tabung TV
  6. Tegangan B+ drop, untuk memastikannya coba cabut dulu konektor defleksi yoke lalu ukur tegangan B+
  7. Timbul gambar di tengah bergaris kebawah adalah ciri kerusakan kumparan vertikal namun sangat jarang terjadi

Penyebab kerusakan defleksi yoke pada tv pada dasarnya kebanyakan adalah karena lembab kurang lebih seperti ini, misalnya saja TV semalaman dinyalakan yang tentunya menimbulkan panas di bagian dalam TV. Pada saat TV dimatikan udara bercampur dengan yang ada di luar sehingga timbulah embun pada bagian sekitar defleksi yoke khususnya dibagian penyangga karetnya.

Berikut ini adalah bagian bagian dari defleksi yoke dan magnet konvergen yang harus dilepas untuk membuka yoke :

bagian defleksi yoke

Jika dibiarkan terus menerus dengan kondisi seperti ini akan memudahkan jamur tumbuh dan terus merusak coil yang ada di bagian dalam defleksi yoke yaitu horisontal, jamur ini bisa menghilangkan lapisan email kawat menghilang dan saat TV dihidupkan terjadilah short antar lilitan dan timbullah asap dari belakang bagian TV. Karena jamur ini jugalah kerusakan defleksi yoke paling sering terjadi dibagian dalam yoke sehingga yang rusak adalah bagian horizontalnya.

Lalu bagaimana untuk mengecek kondisi defleksi yoke apakah benar benar sudah rusak atau belum ? berikut dibawah ini cara pengecekannya.

Ukur berapa nilai resistansi pada kumparan defleksi horizontal dan vertikal

Sudah tahu kan warna untuk membedakannya ? kabel dari kumparan defleksi warna merah-biru menandakan coil defleksi horizontal sedangkan warna hijau-kuning adalah coil vertikal. Ukur keduanya dengan multimeter, untuk horizontal seharusnya berkisar antara 1,2 – 5 Ohm sedangkan untuk vertikal berkisar antara 14 – 17 Ohm walaupun mungkin nilai ini tidak sama untuk semu jenis defleksi yoke.

Pisahkan coil sambungan Defleksi lalu ukur resistansinya

Seperti disampaikan di artikel defleksi yoke sebelumnya, deflection yoke ini baik horizontal dan vertikal terdiri dari gabungan 2 kumparan sehingga jika di total terdapat 4 kumparan. Pisahkan bagian yang disolder dibagian atas deflection yoke lalu ukur, seharusnya nilai kumparan masing masing (horizontal-horizontal / vertikal-vertikal) menunjukkan nilai yang sama. Jika ada nilai yang tidak sama dengan coil lainnya maka salah satu coil / kumparan tersebut short karena jamur. Berikut ini diagram coil yang ada pada defleksi yoke :

diagram coil defleksi yoke

Cek defleksi yoke kumparan horizontal

Untuk bisa mengecek kumparan horizontal defleksi rekan teknisi harus hati hati saat membuka defleksi yoke yang tentunya harus membuka dulu magnet purity / magnet konvergen yang posisinya ada di belakang defleksi yoke sehingga mau tidak mau harus dibuka dulu. Tandai posisi magnet konvergen ini karena seperti pernah disampaikan sebelumnya bahwa magnet ini dengan tabung CRT dan defleksi yoke sudah dituning dari saat produksi nya sehingga jika posisinya berubah harus dituning lagi dan ini hal yang cukup sulit. Perhatikan juga gambar diatas untuk cara melepas yoke tv supaya nantinya tidak sulit tuning konvergen.

Jika sudah sukses memisahkan dari CRT coba perhatikan coil horizontal yang ada dibagian dalam, jika dilihat dari luar bisa saja kondisi yoke terlihat bagus contohnya seperti dibawah ini dimana coil sudah terkena jamur dan kemungkinan lapisan email coil nya sudah terkelupas dan menyebabkan short, berikut dibawah ini contoh gambar defleksi yoke rusak terbakar yang diperoleh dari salah satu blog service TV

defleksi yoke rusak terbakar

 

Ganti dengan Defleksi Yoke kanibal

Jika memang rekan teknisi kebetulan sedang ada TV lain dengan defleksi yoke yang sama boleh juga dicoba untuk kanibal, Dengan yoke baru nantinya mungkin gambar akan terlalu lebar atau terlalu kecil namun tidak masalah karena bisa disetting dari mode service tv yang kode nya bisa coba dicek di kode remote TV.

Satu lagi tips nya, jika akan mencoba dengan defleksi yoke yang lain usahakan dengan resistansi yang sama karena jika dipaksakan dengan yoke yang memiliki resistansi lebih kecil bisa menyebabkan transistor horizontal putus terus, kop anode CRT mengeluarkan bunyi dan ada tegangan bocor, serta masalah lainnya. Tetapi jika hanya sekedar untuk mencoba saja biasanya tidak masalah asalkan tidak digunakan untuk waktu berkepanjangan saja terus menggunakan yoke yang tidak sesuai resistansinya.

Bagi yang belum tahu yoke tv samsung flat slim bentuknya agak sedikit berbeda yaitu lebih datar seperti gambar dibawah

yoke tv samsung

 

Harga defleksi yoke tv inipun beragam yang pastinya bergantung berapa inch ukuran defleksi yoke yang mengalami kerusakan, namun sebagai informasi saja tidak perlu menanyakan harga deflection yoke ke service centernya ya karena biasanya satu set dengan tabung CRT dan magnet konvergen nya sehingga harganya bisa jutaan.

Tips tambahan, jika setelah mengganti defleksi yoke yang rusak tetapi gambar yang muncul di layar masih belum pas coba dulu settingan di menu service mode key untuk diadjust, ada juga cara lainnya yaitu dengan mengganti kapasitor resonant yang biasanya memiliki tegangan 1600V tetapi cara ini lebih riskan karena kita harus mencoba coba nilai yang pas dan sesuai gambar berapa nilainya.

Oia berikut link bagi yang memerlukan kode remote TV Samsung, kode remote TV Sharp. Demikian artikel kali ini tentang kerusakan defleksi yoke pada tv semoga bisa bermanfaat bagi rekan rekan teknisi.

Tegangan Maksimal Kapasitor
Tegangan Maksimal Kapasitor
Advertisement infoservicetv.com – Tegangan maksimal kapasitor yang
Penyebab IC Vertikal Jebol Terus
Penyebab IC Vertikal Jebol Terus
Advertisement www.infoservicetv.com – Penyebab IC Vertikal jebol
Apa itu Defleksi Yoke ?
Apa itu Defleksi Yoke ?
Advertisement Defleksi yoke adalah salah satu komponen
TV Rusak Vertikal
TV Rusak Vertikal
Advertisement Sebenarnya TV rusak vertikal banyak jenisnya
Transistor NPN
Transistor NPN
Advertisement Salah satu komponen penting dalam dunia
TV Kena Petir
TV Kena Petir
Advertisement Kerusakan TV kena petir adalah hal
Artikel Wajib Baca×

Top