Komponen Sensor Cahaya

In Dasar Elektronika, Komponen TV, Sensor Elektronika
Advertisement

Sensor cahaya adalah sensor yang memungkinkan Anda untuk mendeteksi cahaya dan kemudian mengubahnya menjadi sinyal sinyal listrik untuk kemudian digunakan di suatu rangkain yang menggunakan cahaya sebagai triggernya.

Terdapat beberapa sensor cahaya yang biasa digunakan misalnya LDR (Light Dependent resistor), Foto Transistor atau PhotoTransistor, dan dioda foto / Photodiode, komponen komponen ini banyak digunakan di rangkaian elektronika. Berikut merupakan penjelasan lebih detail mengenai masing masing sensor cahaya ini :

LDR

LDR symbolFoto resistor / photoresistor / LDR pada dasarnya adalah sebuah resistor yang nilai resistansinya (dalam ohm ) tergantung kepada seberapa banyak cahaya yang jatuh ke permukaan sensornya.

Cara kerja LDR ini sendiri adalah resistansinya akan bertambah besar bila tidak terkena cahaya (malam) dan akan berubah manjadi resistansi yang kecil bila terkena cahaya (siang), LDR ini biasanya dikombinasikan dengan beberapa transistor untuk membentul rangkaian lampu otomatis. Untungnya tidak ada kode khusus untuk membaca nilai resistor cahaya ini 🙂

LDR Sensor cahaya

 

Photodioda

Dioda foto atau biasa disebut Photodioda adalah sejenis komponen dioda yang mampu untuk mendeteksi cahaya. Seperti halnya dioda biasa, komponen ini memiliki P-N, hanya saja dibuat sensitif terhadap cahaya.

Photodiode symbol

Jenis cahaya yang dapat mempengaruhi diode foto ini yaitu cahaya infra merah, cahaya matahari , ultra ungu sampai dengan sinar-X. Penggunaan diode foto sangat bervariasi, sebagai penghitung jumlah kendaraan di jalan tol secara otomatis, sebagai pengukur cahaya pada digital kamera dan juga sebagai sensor di peralatan di bidang medis.

sensor photodioda

 

Phototransistor

Berikutnya adalah Transistor foto atau Phototransistor. Phototransistor ini secara Phototransistor Symbol.jpgsederhana adalah sebuah transistor bipolar yang menggunakan kontak (junction) base-collector yang menjadi permukaan supaya bisa menerima cahaya sehingga bisa difungsikan sebagai sensor cahaya.

Phototransistor memiliki kemampuan sensitivitas yang lebih baik bila dibandingkan dengan diodafoto, ini karena Elektron yang dihasilkan oleh foton cahaya pada kaki junction di-injeksikan di bagian Base transistor tersebut untuk kemudian diperkuat di kaki C / Kolektornya.

Phototransistor Sensor

Kerugiannya, respon dari Sensor cahaya Phototransistor ini akan lebih lambat dibandingkan dengan Dioda-Foto.

Mengenal Spesifikasi Baterai
Mengenal Spesifikasi Baterai
Advertisement www.infoservicetv.com – Mengenal spesifikasi baterai adalah
Tegangan Maksimal Kapasitor
Tegangan Maksimal Kapasitor
Advertisement infoservicetv.com – Tegangan maksimal kapasitor yang
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Advertisement www.infoservicetv.com – Kerusakan defleksi yoke pada
Apa itu Defleksi Yoke ?
Apa itu Defleksi Yoke ?
Advertisement Defleksi yoke adalah salah satu komponen
Transistor NPN
Transistor NPN
Advertisement Salah satu komponen penting dalam dunia
Mengetahui Ukuran dan Bentuk Kapasitor
Mengetahui Ukuran dan Bentuk Kapasitor
Advertisement Kapasitor hampir selalu ada di tiap
Artikel Wajib Baca×

Top