Membuat Alat Penghemat Listrik PLN

In Elektrikal
Advertisement

Selama beberapa tahun belakangan ini muncul Alat Penghemat Listrik PLN yang diklaim mampu menurunkan pemakaian listrik hingga 30%,  apakah anda penasaran dengan rangkaian apa sebenarnya alat ini bekerja, bagaimana cara kerjanya dan apakah benar benar bekerja menghemat listrik hingga sekian persen.

Biasanya alat ini menggunakan sebuah kotak box plastik berukuran sedang yang dilengkapi dengan saklar dan sebuah steker yang harus dihubungkan ke jala jala PLN supaya rangkaian bekerja.

alat-penghemat-listrik

Sekarang mari kita lihat bagian dalam alat penghemat listrik ini :

penghemat listrik

Yup betul, tidak ada rangkaian khusus di dalam alat ini. Hanya sebuah kapasitor dengan kapasitas 10uF saja dengan kemampuan tegangan kerja hingga 400V.  Jadi bagaimana cara kerjanya kapasitor ini sehingga bisa menurunkan tagihan listrik di rumah anda ?

Anda pasti tahu pada saat setiap perangkat elektronik dinyalakan selalu terdapat lonjakan tegangan sementara / cosinus pada arus listrik AC meningkat besarannya dan ini bisa terbaca di alat ukur Voltmeter. Lonjakan inilah yang jika kita bisa mereduksi / menurunkannya maka akan cukup berpengaruh terhadap pemakaian listrik. Dan komponen yang bisa mengurangi tejadinya peak pada cosinus arus listrik ini adalah Kapasitor yaitu dengan cara memfilternya terlebih dahulu.

Kita tentu saja bisa membuat sendiri alat penghemat listrik ini sendiri yang tentu saja bisa lebih bagus dengan yang ada di pasaran. Seperti contoh alat diatas menggunakan kapasitor 10uF 450V yang bisa anda dapatkan dengan harga 25 ribu saja.

membuat-alat-penghemat-listrik

Jadi apakah alat ini benar benar bekerja seperti seharusnya ? Secara fungsi rangkaian saya ras alat ini akan optimal jika digunakan di rumah yang banyak menggunakan peralatan dengan induksi seperti trafo, motor listrik seperti blender atau pompa air. Dan sekedar tips saja akan lebih optimal jika penggunaanya didekatkan ke alat yang bekerja dengan induksi seperti yang saya sebutkan tadi.

Semoga artikel Membuat Alat Penghemat Listrik PLN ini bisa bermanfaat untuk anda.

TV Kena Petir
TV Kena Petir
Advertisement Kerusakan TV kena petir adalah hal
Mengenal Aliran Listrik Fasa Netral dan Ground
Mengenal Aliran Listrik Fasa Netral dan Ground
Advertisement Seringkali pengguna listrik PLN bingung dengan
Infoservistv.co.cc itu Infoservicetv.com
Infoservistv.co.cc itu Infoservicetv.com
Advertisement Beberapa hari yang lalu  saya dikejutkan
Tips Keselamatan pada saat Service TV
Tips Keselamatan pada saat Service TV
Advertisement Tips Keselamatan pada saat service TV
Rangkaian Pengusir Tikus dan Nyamuk
Rangkaian Pengusir Tikus dan Nyamuk
Advertisement Rangkaian pengusir tikus dan nyamuk ini
Merawat Instalasi Listrik Rumah
Merawat Instalasi Listrik Rumah
Advertisement Merawat Instalasi Listrik Rumah adalah pekerjaan
Artikel Wajib Baca×

Top