Mengenal Kabel HDMI

High Definition Multimedia Interface atau kabel HDMI adalah perkembangan dari jenis kabel RCA yang sebelumnya saya bahas disini. Kabel ini bekerja dengan mentransfer sinyal digital dai perangkat sumber ke perangkat input yang memerlukannya ataupun sebaliknya. Dan karena data yang ditansfer berpa digital maka loss / kehilangan pada kabel ini terbilang kecil.

Biasanya kabel HDMI digunakan untuk menghubungkan DVD player, game console, DVD Blu-rays ke HDTV / high definition LCD TV. Jenis kabel ini saat ini digunakan untuk menampilkan dan menyajikan high definition sinyal yang tentunya juga harus didukung dengan perangkat high definition juga.

kabel hdmi Mengenal Kabel HDMI

Tidak seperti kabel RCA, atau S video kabel ini tentunya membawa sinyal audio dan video bersama sama sehingga bentuk kabel biasanya lebih kecil. Ketika membeli kabel ini pun ada beberapa yang harus diperhatikan misalnya merk kabel, panjang kabel yang diperlukan serta berapa kemampuan resolusi gambar yang dimiliki kedua perangkat.

Pastikan sebelum membeli kabel ini untuk mengukur berapa panjang kabel yang diperlukan sehingga perangkat bisa dihubungkan dengan mudah.

Ini karena tidak seperti kabel RCA yang lazim digunakan bila terjadi kekurangan kabel akan sangat mudah disambung dengan konektor lagi. Pada HDMI saya agak jarang menemukan konektor penghubung selain itu tentuya loss data akan menjadi cukup besar dan kualitas gambar-suara yang disajikan pun akan benar benar berkurang.

hdmi to vga Mengenal Kabel HDMI

Lihat petunjuk pada manual TV untuk memastikan spesifikasi kabel yang diperlukan. Saat ini terdiri dari 2 kategori kabel yaitu kategori 1 dan 2. Kabel HDMI kategori 1 hanya bisa bekerja pada resolusi 720p sedangkan kabel kategori 2 bekerja pada data dengan resolusi 720p dan 1080p.

Artikel Berhubungan :

skema rangkaian convert hdmi ke vga