Mengetahui Nilai Resistor Yang Terbakar

In Komponen TV, Tips Service
Advertisement

Berbagai macam kerusakan TV sangat mungkin terjadi dan bahkan tidak jarang sering ada komponen yang terbakar, untuk mengetahui nilai resistor yang terbakar saya mempunyai sedikit tips nya.

Tentunya kita sebagai teknisi sering kebingungan bagaimana ketika menemukan sebuah resistor yang kondisinya sudah terbakar di rangkaian PCB TV sehingga tidak memungkinkan untuk diketahui / untuk membaca nilai resistor tersebut.

resistor terbakar pada rangkaian

Untuk bisa menerapkan teknik yang akan saya jabarkan kita perlu terlebih dahulu mengetahui bagaimana sih struktur / jeroan dari komponen resistor ini sendiri ?

Sesuai dengan definisinya, Resistor khusus nya jenis karbon yang sangat umum digunakan terdiri dari sebuah unsur resistif / bersifat menghambat yang memiliki bentuk seperti tabung dan memiliki tutup logam yang mempunyai kawat di kedua ujungnya.

resistor terbakar

Karbon ini dililitkan kawat di kedua ujungnya untuk kemudian disolder dan dicetak kode warna nya. Kira kira seperti ini struktur jeroan resistor yang sesuai definisi diatas :

Jeroan Resistor

Bisa disimpulkan nilai dari resistor adalah nilai dari karbon yang dibungkus oleh pelapis resistor itu sendiri bukan ?

Sehingga jika kita menemukan sebuah resistor yang terbakar dan kesulitan menemukan nilainya maka kita bisa membagi 2 resistor tersebut dengan tang pemotong dan kemudian kita ukur dari potongan karbon tersebut ke kaki resistor yang masih utuh. Demikian juga dengan karbon yang satunya. Dan kemudian keduanya dijumlahkan.

resistor hangusPastinya hasil tersebut tidaklah akurat karena bagaimanapun juga resistor tersebut sudah terbakar, tapi setidaknya kita punya nilai acuan. Nilai yang dijumlahkan ini sendiri pastinya tidak benar2 menunjukkan nilai yang sebenarnya. Oleh karena itu setelah menjumlahkan nilai kedua potongan resistor yang terbakar perkirakan nilai resistor yang paling mendekati, daftar nilai resistor yang umum bisa dilihat di nilai resistor yang ada dipasaran.

Dan tentunya yang paling penting lihat juga dimana resistor tersebut dipasang pada rangkaian. Sebagai contoh bila kita menemukan nilai resistor dengan trik diatas ditemukan nilai 100K. Tetapi pada rangkaian resistor tersebut digunakan sebagai Resistor Fuse yang biasanya bernilai 0.1 – 1 Ohm, sehingga kita harus benar benar jeli :).

Semoga artikel tentang mengetahui nilai resistor yang terbakar ini bermanfaat untuk rekan teknisi 🙂

 

Tegangan Maksimal Kapasitor
Tegangan Maksimal Kapasitor
Advertisement infoservicetv.com – Tegangan maksimal kapasitor yang
Penyebab IC Vertikal Jebol Terus
Penyebab IC Vertikal Jebol Terus
Advertisement www.infoservicetv.com – Penyebab IC Vertikal jebol
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Advertisement www.infoservicetv.com – Kerusakan defleksi yoke pada
Apa itu Defleksi Yoke ?
Apa itu Defleksi Yoke ?
Advertisement Defleksi yoke adalah salah satu komponen
TV Rusak Vertikal
TV Rusak Vertikal
Advertisement Sebenarnya TV rusak vertikal banyak jenisnya
Transistor NPN
Transistor NPN
Advertisement Salah satu komponen penting dalam dunia
Artikel Wajib Baca×

Top