Mengganti Flyback Rusak

In Flyback, Komponen TV
Advertisement

Pergantian komponen pada TV rusak sudah menjadi hal biasa bagi teknisi service, namun jika mengganti flyback rusak perlu diperiksa lagi apakah memang sudah yakin kerusakan tv penyebabnya berasal dari flyback transformer ? Selain karena harga komponen flyback ini sendiri yang cukup mahal tentunya.

Bisa berkisar antara 35 ribu (21″) hingga 170 ribu (29″). Tentunya tidak menjadi masalah jika kita mempunyai flyback yang sesuai (flyback alternatif) dengan flyback yang rusak .

Sebelum memutuskan untuk mengganti flyback ada baiknya mengetahui terlebih dahulu ciri ciri flyback rusak seperti apa.

mengganti flyback rusak

Perlu juga diketahui hal hal penting sebelum mengganti flyback karena bila flyback tidak sesuai akan menyebabkan tampilan berubah, sampai yang paling parah bisa menyebabkan kerusakan ke blok TV yang lain. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti flyback :

  • Kita harus mengetahui terlebih dahulu tegangan pada IC Vertikal out. Juga tentu saja dengan sistem supply single atau double
  • Berapa besarnya tegangan B+ yang menuju flyback
  • Apakah Flyback menggunakan ssistem Boost up, bagi yang belum mengetahui, boost up flyback adalah sebuah sirkuit yang berfungsi untuk menaikkan tegangan sumber (B+) menjadi tegangan yang lebih tinggi untuk kemudian diberikan ke kolektor TR Horizontal. Misalnya menaikkan tegangan 90 ke 115V. Biasanya sirkuit boost up ini hanya terdiri dari dioda, elco dan kumparan boost up.
  • Sebelum mengganti periksa juga keluaran FBT yang diperuntukkan untuk supply blok lain yang biasanya berkisar antara 16-40V.

Kalo tetap “ngeyel” mengganti flyback dengan yang tidak sesuai, berikut merupakan resiko yang bisa terjadi :

  • Tegangan keluaran yang berubah (anode)
  • Gambar raster berubah. Berubah disini maksudnya adalah ukurannya, bisa lebih besar atau mungkin lebih kecil. Solusinya dengan menambah kapasitor paralel dengan kapasitor resonan ( letaknya antara GND-Colector Horizontal) dengan nilai kapasitansi antara 102 hingga 502 nF, perhatikan bahwa penggunaan kapasitor minimal adalah 1600V.
  • OSD / On screen display tidak tampil / kedip. Solusinya yaitu dengan memodifikasi resistor dari pin mikrokontroller ke H-AFC. Jika memiliki skema akan lebih mudah trackingnya.
  • Cahaya / brightness pada layar yang kurang sebagai akibat dari tegangan heater yang berubah. Seperti yang kita tahu bila tegangan heater makin tinggi akan menyebabkan umur pemakaian tabung menjadi pendek. Solusinya yaitu dengan mengganti nilai resistor pada heater.

Semoga artikel tentang mengganti flyback rusak ini bermanfaat untuk rekan teknisi service 🙂

Sumber : marsonotv, google

Tegangan Maksimal Kapasitor
Tegangan Maksimal Kapasitor
Advertisement infoservicetv.com – Tegangan maksimal kapasitor yang
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Advertisement www.infoservicetv.com – Kerusakan defleksi yoke pada
Apa itu Defleksi Yoke ?
Apa itu Defleksi Yoke ?
Advertisement Defleksi yoke adalah salah satu komponen
Transistor NPN
Transistor NPN
Advertisement Salah satu komponen penting dalam dunia
Mengetahui Ukuran dan Bentuk Kapasitor
Mengetahui Ukuran dan Bentuk Kapasitor
Advertisement Kapasitor hampir selalu ada di tiap
Daftar nilai resistor yang terdapat di pasaran
Daftar nilai resistor yang terdapat di pasaran
Advertisement www.infoservicetv.com – Daftar nilai resistor yang
Artikel Wajib Baca×

Top