Modifikasi CRT Dua Fokus

Mungkin rekan rekan teknisi pernah menemukan satu TV yang memiliki CRT dua fokus yang mengalami kerusakan parah ( kena petir misalnya ), dan biasanya kerusakan paling parah ada di Chasis TV itu sendiri. Sedangkan untuk kerusakan di CRT agak jarang terjadi. Dan bila hal ini terjadi maka tidak ada jalan lain selain menjadikan TV tersebut kanibalan bukan  , tetapi tidak demikian dengan CRT nya.

Nah seperti yang kita ketahui penggunaan CRT dua fokus sendiri juga agak jarang, dibawah ini ada satu rangkaian yang berfungsi untuk me modifikasi Tabung dua fokus ke satu focus agar bisa digunakan ke chasis TV satu fokus / TV china, tentu saja dengan komponen tambahan yang sedikit dan murah. Ada beberapa merk yang saya ketahui memiliki tavung dua fokus, yaitu Sony Trinitron dan SAMSUNG 29Z4 atau 29Z7. Modifikasi ini bisa dilakukan ke tabung tv berbagai merk.

Atau bagi anda yang bingung membedakan mana antara satu fokus atau dua focus, cukup dilihat saja kabel output dari Flyback, biasanya kita hanya menemukan satu kabel, tap untuk CRT dua fokus Flyback nya memiliki 3 kabel ( fokus1, fokus2, Screen )

Di modifikasi ini kita hanya perlu membutuhkan satu buah trimpot besar ( 2watt atau lebih ) yg bernilai 20 Mohm. Sebenarnya pembagian tegangan focus ini sendiri sudah terintegrasi pada rangkaian asli di modul RGB atau bahkan di FBT chasis TV dua fokus itu sendiri. Skemanya adalah sebagai berikut:

 modifikasi CRT dua fokus Modifikasi CRT Dua Fokus

 
Screen dari FBT dari TV biasa / china dapat di pasang langsung ke pin G2 dari soket RGB. Dan setelah semua terpasang dengan benar, langkah berikutnya adalah anda hanya perlu mengatur ketajaman gambar yang tampil.

Cukup mudah dan sederhana, tapi berfungsi dengan baik sekali. Ini akan sangat bermanfaat sekali bagi anda yang hanya memiliki CRT dua fokus tanpa chasis.

Semoga bermanfaat.

http://zicelectronic.blogspot.com

Artikel Berhubungan :

setting mesin tv china,cara ganti mesin tv sony,skema diagram gambar cara buat rgb dua focus di jadikan satu fokus,Tv soni mau ganti mesin pake mesin cina bisa ga?,soket tabung tv sony