Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

Sudah lama saya tidak menerima service TV LCD Samsung dan beberapa hari lalu datang sebuah LCD yang berukuran cukup besar buat saya yaitu Samsung 42 inchi dengan jenis layar LCD. Pada waktu pertama kali datang sebenarnya TV ini tidak benar benar mati namun lebih tepat bila dikatakan kedip.

Pada waktu pertama kali saya nyalakan memang lampu power standby nyala dengan normal tetapi pada saat power ON saya tekan, lampu standby terlihat kedip sedikit dan bila saya perhatikan sepertinya power supply tidak sanggup untuk mensupply main board. Sedangkan untuk berikutnya lampu standby kedip tadi pun mati.

Setelah saya bongkar casing TV LCD Samsung ini terdapat 3 board pcb, yaitu power supply board, main board dan satu lagi sepertinya sub power supply board yang juga untuk supply main board, karena  kabel keluaran power supply ini masuk ke main board namun ukuran pcb nya lebih kecil.

Bagi yang masih benar benar blank dengan LCD TV bisa terlebih dahulu sekilas membaca bagian bagian pada LCD TV icon wink Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

sub power supply lcd Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

Sub Power Supply Board

power supply board lcd tv Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

Power Supply Board LCD TV

main board lcd tv samsung Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

Main board LCD TV Samsung

Berlanjut ke pencarian kemungkinan blok mana yang rusak, seperti biasa saya selalu mengecek kondisi masing masing board beserta komponen yang memang rentan rusak seperti resistor fuse, elco besar, transistor power ataupun IC. Agak bingung sebenernya karena memang jarang menerima orderan Service TV LCD Samsung seperti ini :|.

Dan memang dugaan saya tidak meleset, terdapat beberapa kapasitor elco yang terlihat menggembung di modul power supply dan modul power supply kecil. Bila sulit membedakan, saya juga mengambil foto komponen rusak ini icon smile Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

kerusakan kapasitor di lcd samsung Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

Kerusakan kapasitor di lcd samsung

Ingat juga untuk selalu mengecek keseluruhan elco yang lain, sedikit tips saya dalam mencari kapasitor elco yang rusak, jangan hanya melihat dari bentuk fisik bagian atas elco saja. Bila seperti pada gambar diatas sangat terlihat jelas kerusakan elco ditandai dengan menggembungnya bagian atas.

kapasitor pengganti Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

Tapi itu tidak selalu terjadi, terkadang kerusakan elco juga bisa dideteksi dengan adanya bekas cairan elektrolit yang keluar dari body elco, tentu saja untuk yang cairan bekas ini terdapat di bagian bawah elco ;).

Ternyata lumayan banyak juga elco yang rusak yaitu di blok main board power supply utama dan di Sub power supply yang kecil, ada sekitar 3  elco 1000uF / 25 V, 2 elco 470 uF / 25 V, dan satu elco 1000 uF / 50 V, Pastikan untuk mengganti dengan elco yang lebih bagus kualitasnya. Karena power supply jenis switching biasanya lebih rewel :D.

Dan setelah dilakukan penggantian elco yang rusak, alhamdulilah TV bisa nyala dengan normal :).

service lcd tv samsung Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

Demikian sedikit pengalaman saya dalam service LCD TV Samsung 42 inchi, apa rekan teknisi juga pernah mempunyai pengalaman dalam service tv LCD ?? Semoga bermanfaat icon wink Pengalaman Service TV LCD Samsung 42 inch Kerusakan Mati

Artikel Berhubungan :

kerusakan pada tv lcd,kerusakan tv lcd samsung,servis tv led,cara memperbaikin tv lcd,Masalah lcd samsung plasma matot