Perawatan LCD Monitor

In Uncategorized
Advertisement

Perawatan LCD Monitor. Pada saat ini penggunaan komputer sudah tidak asing lagi dan sudah banyak digunakan baik untuk keperluan pekerjaan maupun hiburan. Dan tentu saja bila berbicara tentang komputer maka tidak akan jauh dengan perangkat yang disebut monitor.

Dan saat ini penggunaan monitor CRT sudah mulai berkurang dengan adanya LCD Monitor yang walaupun memiliki harga yang cukup mahal tetapi memiliki banyak kelebihan dari CRT Monitor yang konvensional.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki LCD monitor yaitu design yang stylish layar yang datar dan warna yang lebih cerah dibandingkan layar monitor cembung atau crt, selain itu juga LCD Monitor memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu memiliki resolusi yang tinggi sehingga bisa membantu banyak orang terutama yang bekerja dibidang design Visual.

 

Ada beberapa perlakuan khusus untuk LCD monitor dalam hal ini adalah untuk perawatan LCD monitor, berikut ini merupakan beberapa langkah langkahnya :

  • Gunakan LCD Seperlunya, Jangan menggunakannya apabila anda tidak perlu-perlu amat dan jangan menggunakannya 24 jam nonstop harus ada waktu jedanya karena setiap barang elektronik ada masa hidupnya (Lifetime). Matikan LCD Monitor anda ketika komputer anda mati, agar menghemat listrik dan juga menjaga LCD Monitor anda tetap awet.
  • Gunakan type power listrik yang memiliki grounding, karena bisa meminimalisir kerusakan bila terjadi adanya sambaran petir. Pilihan ini merupakan opsional.
  • Lakukan pembersihan secara berkala, minimal 2 minggu 1 kali, agar LCD monitor selalu dalam keadaan jernih dari debu dan kotoran lainnya. Ingat! untuk membersihkannya harus menggunakan kain yang sangat halus yang sudah diolesi cairan khusus pembersih monitor LCD. Bila perlu anda bisa membeli peralatan khusus untuk membersihkan LCD monitor.
  • Jangan melakukan kegiatan pembersihan dalam keadaan listrik masih mengalir, cabut semua kabel yang ada pada LCD untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Adanya air yang masuk kedalam rangkaian LCD monitor akan dapat mengakibatkan kerusakan fatal.
  • Jauhkan LCD dari hal-hal yang mengandung air seperti air hujan, air minum dsb. Karena semua barang elektronik akan terjadi korsleting arus listrik apabila air masuk kedalam komponen elektronik.
  • Jauhkan LCD dari barang-barang yang mengandung magnetik seperti sound system, Persani, Sinyal HP dll. Karena akan berakibat fatal yaitu akan terjadi Noise atau kerusakan yang dapat merusak tampilan pada layar Monitor.
  • Simpan LCD ditempat yang strategis dan aman dari jangkauan anak kecil, supaya menghindari LCD anda tidak tersenggol atau menjadi mainan anak kecil.
  • Cabut semua kabel yang berhubungan dengan Komputer (termasuk LCD) ketika terjadi hujan yang disertai petir, karena petir bisa menyambar melalui antena TV dan merambat melalui kabel listrik.
  • Untuk melindungi layar/screen LCD bisa menggunakan Screen Protector yang fungsinya menghalangi debu masuk kedalam LCD dan juga menjaganya dari segala macam goresan. Ingat lah untuk memilih screen protector yang tidak berbekas apabila dibuka kembali.
  • Bila terjadi kerusakan pada LCD monitor anda ,serahkan LCD kepada ahlinya. Jangan membongkarnya sendiri tanpa didampingi oleh orang ahli dibidang elektronik. Modul LCD monitor termasuk komponan yang mudah rusak. Service LCD Monitor anda ke Service center untuk menjamin perbaikan yang baik dan benar.

Semoga artikel tentang Perawatan LCD Monitor ini bermanfaat.

Sumber artikel : glodokelektronik.com

No related post!
Artikel Wajib Baca×

Top