Perbedaan LCD dan Plasma TV

In Dasar Elektronika
Advertisement

Bila anda harus memilih mana yang akan dibeli LCD atau Plasma TV ? jika anda tidak tahu apa Perbedaan LCD dan Plasma TV mungkin anda akan bingung memilih karena tidak tahu apa perbedaannya, dilihat dari design atau bentuk umumnya memiliki fisik yang sama. Sebenarnya LCD dan plasma merupakan teknologi yang berbeda.

Secara umum, performance dari plasma tv jauh lebih baik dari LCD TV dan itu juga yang menjadikan plasma TV jauh lebih mahal. Walaupun saat ini seiring berkembangnya teknologi LCD menjadi lebih baik, dan tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau. Tambah bingung lagi kan ?

Perbedaan LCD dan Plasma TV

Mengenal cara kerja plasma tv lebih jauh, sebuah Plasma TV biasanya terdiri dari 2 pelat kaca yang diisi oleh banyak sel yang berisi gas yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Sel-sel yang berjumlah ribuan ini berisikan gas neon dan dilapisi oleh fosfor sehingga membuat plasma ini seperti lampu neon mini yang menyala. Dan pada masing masing sel plasma tersebut bila diberi tenaga listrik dapat melepaskan photon ultraviolet.

Photon-photon ini lah yang menyebabkan fosfor yang melapisi sel tersebut berubah warna dan menimbulkan cahaya. Dengan menghidupkan dan mematikan sel-sel ini pada saat dan rangkaian yang tepat setiap 1/1000 detik, gambar terbentuk. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar cara kerja plasma TV :

cara kerja plasma tv

Seprti bisa dilihat pada gambar struktur plasma tv, tiap sel terdiri oleh 3 sel yang masing masing memberikan warna merah, hijau dan biru. Dengan mengkombinasikan warna2 tersebutlah tercipta gambar

Berbeda seperti Plasma TV, pixel pada LCD TV tidak memberikan cahaya sendiri. Sebuah Kristal cair terperangkap dalam 2 lembar kaca dan seluruhnya disinari oleh cahaya yang datang dari belakang. Memvariasikan arus listrik yang datang dari belakang mengontrol seberapa besar cahaya yang menerangi masing2 pixel tersebut. Dan berikut merupakan contoh dari gambar cara kerja lcd tv.

cara kerja lcd tv

Untuk penggunaan plasma dan lcd itu sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. LCD TV cenderung lebih baik digunakan untuk ruangan yang memiliki banyak cahaya ini dikarenakan layar LCD terbuat dari layar fiber sehingga tidak memantulkan cahaya dan hasilnya, gambar lebih maksimal bila di ruangan yang banyak cahaya. Untuk indormasi yang lebih detail anda juga bisa melihat artikel saya tentang sekilas LCD TV .

Sedangkan untukĀ  penggunaan PLASMA TV sebaliknya, PLASMA layarnya terbuat dari kaca dan bila diperhatikan hampir seperti cermin sehingga jika ada cahaya akan memantul.

Sekarang mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari Plasma TV :

Kelebihan plasma tv :

  • Warna yang dihasilkan sangat natural dan lembut mirip dengan tabung CRT.

Kekurangan plasma tv :

  • Relatif lebih mahal baik sparepart maupun unitnya
  • Relatif lebih mudah rusak (biasanya kerusakan terdapat blok vertical atau banyak bintik2 muncul pada screen)
  • Dikarenakan teknologi yang dimilikinya, sehingga tidak memungkinkan untuk mencapai resolusi yang tinggi ( jika pun ada pasti akan sangat mahal )

Dan ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari LCD TV :

Kelebihan LCD TV :

  • Lebih hemat energy dibanding plasma tv
  • Teknologi masih bisa berkembang
  • Resolusi LCDT TV bisa mencapai full hd 1920×1080
  • Harga yang lebih murah dibanding plasma TV
  • Pada kenyataannya umurnya lebih awet dibanding plasma

Kekurangan LCD TV :

  • Warna tidak natural, terlalu berlebihan gain warna dan kontras pada umumnya
  • Kerusakannya deadpixel or blank screen ( akan saya jelaskan lain waktu )

Perbedaan LCD dan Plasma TV bila kita perhatikan langsung pada tampilan gambar yang dihasilkan akan jelas terlihat, bisa dilihat di toko2 yang menjual unit tersebut. Sehingga anda bisa lebih baik memutuskan mana yang terbaik. Well, semoga artikel tentang Perbedaan LCD dan Plasma TV ini bisa bermanfaat untuk anda.

 

Mengenal Spesifikasi Baterai
Mengenal Spesifikasi Baterai
Advertisement www.infoservicetv.com – Mengenal spesifikasi baterai adalah
Transistor NPN
Transistor NPN
Advertisement Salah satu komponen penting dalam dunia
Mengetahui Ukuran dan Bentuk Kapasitor
Mengetahui Ukuran dan Bentuk Kapasitor
Advertisement Kapasitor hampir selalu ada di tiap
Cara Menghindari Listrik Statis
Cara Menghindari Listrik Statis
Advertisement Saya yakin banyak teknisi yang belum
Komponen Sensor Gerak Dalam Elektronika
Komponen Sensor Gerak Dalam Elektronika
Advertisement Barangkali kita pernah masuk ke sebuah
Komponen Sensor Cahaya
Komponen Sensor Cahaya
Advertisement Sensor cahaya adalah sensor yang memungkinkan
Artikel Wajib Baca×

Top