Pertimbangan Sebelum Memperbaiki TV Rusak

In Flyback, Technical, Tips Service
Advertisement

Televisi saat ini sudah merupakan barang elektronik yang wajib ada di setiap rumah. Bisa dibilang tanpa TV kita akan benar benar ketinggalan informasi serta hiburan, oleh karena itu pada saat terjadi kerusakan pada TV, kebanyakan orang ingin segera memperbaikinya.

Namun sebaiknya periksa dengan benar, apakah TV anda benar benar rusak atau hanya sekedar terdapat koneksi power AC PLN yang longgar atau booster antena bagi yang menggunakan sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini tentu saja untuk menghindari anda sebagai konsumen dipermainkan oleh tukang servis tv yang curang :p.

Identifikasi Kerusakan TV

Hal pertama    yang harus dilakukan jika terjadi kerusakan pada TV adalah menunggu, karena bisa saja memang sedang terjadi gangguan sinyal televisi sehingga TV anda tidak menangkap sinyal dengan baik. Terlebih lagi jika menggunakan TV kabel, sering terjadi dimana kerusakan terdapat pada modem tv kabel yang dipinjamkan oleh jasa TV kabel yang saat ini banyak ditawarkan. Dan bila kerusakan yang ada berhubungan dengan power (ex. tv mati total) coba periksa outlet power AC / stopkontak PLN. Coba dulu outlet tersebut dengan perangkat elektronika lainnya. Intinya adalah periksa dengan benar apakah TV anda memang rusak atau ada hal lain yang menyebabkan TV tidak berfungsi dengan baik.

kerusakan tv

Biaya Service TV

Harga perbaikan TV sangat bervariasi tergantung pada kerusakan TV, jenis TV LCD atau CRT, tahun produksi TV, merk dan lain sebagainya. Untuk kerusakan TV umumnya yang paling mahal adalah bila terjadi kerusakan pada komponen display / untuk menampilkan gambar.

Dalam hal ini TV CRT, berarti tabung TV yang bisa berkisar 500 hingga 700 ribu, tergantung ukuran inchi TV. Sedangkan pada TV LCD / Plasma adalah pada panel LCD / Plasma itu sendiri. Bisa berkisar 50 – 70% dari harga total unit TV tersebut. Yang paling sering terjadi pada TV CRT adalah kerusakan pada transistor / IC pada mesin TV. Biasanya kerusakan seperti ini bisa menghabiskan biaya hingga 200 ribuan. Sedangkan kerusakan yang sering terjadi pada TV Layar datar adalah pada modul horizontal / inverter powersupply yang bisa menghabiskan 500 ribu hingga 1 jutaan yang juga sangat bergantung kepada merk dan ukuran TV.

Pertimbangan Service TV

Sebisa mungkin mintalah checking terlebih dahulu kepada tukang service, atau kepada service resmi bila memungkinkan. Berapa estimasi biaya yang diperlukan untuk memperbaiki TV anda dan ketahui juga dengan pasti bagian mana yang perlu diganti. Kebanyakan tukang servis tv / teknisi TV akan sedikit kesulitan jika ditanya bagian mana yang pasti mengalami kerusakan karena memang mengetahui komponen yang rusak pada TV bukanlah hal yang mudah dan perlu pemeriksaan yang teliti.

Jika sudah begini minta saja teknisi tersebut untuk memeriksa blok TV yang rusak (power supply, horizontal, vertikal, tabung ?) yang menurut saya lebih mudah untuk diperkirakan kerusakannya. Setelah itu minta perkiraan biaya harga komponen paling mahal yang ada di blok tersebut.

Bila menemukan kerusakan TV sudah terlalu parah dan bisa memakan banyak biaya, tentunya lebih baik mempertimbangkan untuk membeli TV baru bukan ?

Penyebab IC Vertikal Jebol Terus
Penyebab IC Vertikal Jebol Terus
Advertisement www.infoservicetv.com – Penyebab IC Vertikal jebol
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Kerusakan Defleksi Yoke Pada TV
Advertisement www.infoservicetv.com – Kerusakan defleksi yoke pada
TV Rusak Vertikal
TV Rusak Vertikal
Advertisement Sebenarnya TV rusak vertikal banyak jenisnya
Tips Cara Merawat Solder Supaya Awet
Tips Cara Merawat Solder Supaya Awet
Advertisement infoservicetv.com – Tips cara merawat solder
TV Kena Petir
TV Kena Petir
Advertisement Kerusakan TV kena petir adalah hal
Apa itu Service Mode Key pada Televisi ?
Apa itu Service Mode Key pada Televisi ?
Advertisement Service Mode Key pada televisi pastinya
Artikel Wajib Baca×

Top