Pertolongan Pertama TV Kena Air

Peralatan elektronika pada umumnya akan selalu bermusuhan dengan air termasuk jika TV kena air yang pastinya akan merusak komponen yang ada pada tv tersebut. Terlebih lagi jika pada saat terkena air kondisi TV dalam keadaan hidup maka kerusakan yang ditimbulkan akan lebih parah. Bagaimana tidak, air yang memang dalam bentuk apapun akan menjadi penghantar elektrik yang cukup baik akan menyebabkan short pada rangkaian.

Kembali ke topik pembicaraan, apa yang harus dilakukan pertama kali jika tv kena air, atau terendam banjir ?

tv kena air Pertolongan Pertama TV Kena Air

Hal yang pertama dilakukan adalah jangan panik dan jangan terburu buru ingin mengetahui apakah TV anda benar benar rusak atau tidak. Kebanyakan orang yang belum mengerti akan langsung menyalakan TV untuk mengetahui hal tersebut dan itu adalah SALAH BESAR karena bisa dipastikan kerusakan akan menjadi lebih parah.

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah cabut steker tv dari stopkontak jika masih terhubung. Periksa kondisi TV secara fisik, bagian mana saja yang terkena air ?

Bila dirasa hanya bagian luar saja dan air tidak masuk kedalam cukup dikeringkan dengan menggunakan lap dan jemur TV dibawah sinar matahari seharian. Namun bila ragu atau air memang masuk kedalam chasis TV maka sebisa mungkin bongkar TV, pisahkan chasis dari box tv, cabut juga terlebih dahulu kutub anoda dari flyback tv yang memiliki tegangan 20KV dari bagian atas tabung.

buka chasis tv Pertolongan Pertama TV Kena Air

Bagi yang memiliki vacuum cleaner akan lebih baik lagi. Setelah membuka box dan chasis tv gunakan vacuum cleaner yang sudah dilepas terlebih dahulu untuk mempermudah menyedot air yang mungkin masih terdapat pada chasis.

JANGAN SEKALI SEKALI meniup air dengan kompresor atau alat sejenisnya pada chasis TV yang terkena air karena justru akan membuat air semakin menyebar. Apalagi kalau masuk ke coil atau trafo, jelas akan lebih sulit untuk mengeringkannya.

Setelah itu tetap disarankan untuk dikeringkan dibawah sinar matahari. Khusus untuk tabung dan bagian2 tabung, biasanya bagian dalam tabung tv tidak akan terkena air karena memang benar benar tertutup rapat, asalkan kondisi tudung anoda 20kV masih dalam keadaan baik.

vacuum air pada tv Pertolongan Pertama TV Kena Air

Yang juga perlu mendapat perhatian lebih adalah deflection yoke. Sebisa mungkin untuk membuka komponen yang satu ini karena di dalamnya terdapat ruang yang cukup untuk bisa menahan air. Tentunya harus diberi tanda terlebih dahulu di bagian cincin warna untuk menghindari kesalahan warna pada saat TV sudah normal kembali.

Semoga artikel ini bermanfaat :).

 

Artikel Berhubungan :

cara memperbaiki tv kena air,tv saya kena air,cara memperbaiki TV yang terkena air,cara benerin tivi yg kena air,cara benerin tivi kemasukan air