Rangkaian Alarm Kebakaran dengan Sensor Suhu

Kebakaran dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya lupa mematikan alat yang bisa menimbulkan seperti setrika, rangkaian alarm kebakaran dengan sensor suhu ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan dalam usaha untuk mengamankan rumah kita dari bahaya kebakaran.

Sebenarnya ada juga rangkaian alarm kebakaran yang menggunakan LDR, namun saya pikir kurang efektif karena pada dasarnya itu adalah sensor cahaya, yaitu dengan adanya asap maka intensitas cahaya yang jatuh ke LDR akan berkurang dan mentrigger rangkaian. Namun seperti seperti yang saya katakan sepertinya kurang efektif.

Rangkaian Alarm Kebakaran dengan Sensor Suhu Rangkaian Alarm Kebakaran dengan Sensor Suhu

Rangkaian alarm kebakaran ini memanfaatkan IC LM35 sebagai sensor suhunya. Dimana bila settingan suhu pada suatu ruangan sudah tercapai maka akan bisa mentrigger rangkaian untuk membunyikan alarm. Satu yang saya sukai dari sensor LM35 ini adalah kepekaannya terhadap suhu sehinggga cocok digunakan untuk sensor suhu, selain itu juga mudah didapat.

sensor suhu LM35 Rangkaian Alarm Kebakaran dengan Sensor SuhuOutput pada LM35 diumpankan ke IC LM339 pin negatif yang merupakan IC komparator dengan settingan positif input melalui VR1 dengan nilai 10K. VR inilah yang nantinya merupakan settingan kepekaan sensor suhu yang digunakan. Sedangkan LM 339 ini merupakan IC yang memiliki 4 komparator di dalamnya.

Output pada IC komparator LM339 diumpankan ke transistor T1 yaitu BC547, cara kerjanya ketika output low / rendah, T1 dalam keadaan cut off sehingga berfungsi seperti saklar terbuka, sehingga T2 akan bekerja seperti saklar tertutup dan mengakibatkan pin 4 (reset) pada IC 555 menjadi rendah. Dan karena input reset 555 rendah maka alarm tidak bekerja…. dan seterusnya bila terjadi trigger pada IC LM35 yang disebabkan temperatur suhu yang disetting sudah tercapai.

Berikut ini merupakan sedikit keunggulan dari IC sensor suhu LM35 :

  •     Memiliki sensitivitas temperatur, dengan faktor skala linier antara tegangan dan suhu 10 mVolt/ºC
  •     Memiliki ketepatan atau akurasi kalibrasi yaitu 0,5ºC pada suhu 25 ºC
  •     Memiliki pemanasan sendiri yang rendah (low-heating) yaitu kurang dari 0,1 ºC
  •     Memiliki impedansi keluaran yang rendah yaitu 0,1 W untuk beban 1 mA.
  •     Memiliki jangkauan maksimal operasi suhu antara -55 ºC sampai +150 ºC.
  •     Bekerja pada tegangan 4 sampai 30 volt.
  •     Memiliki arus rendah yaitu kurang dari 60 µA.
  •     Memiliki ketidaklinieran hanya sekitar ± ¼ ºC.

Sedangkan untuk pemasangan alarm kebakaran ini bisa ditempatkan di sekitar bahan yang mudah terbakar atau tempat tempat yang berpotensi terjadinya kebakaran, dan sepertinya jika kita menggunakan beberapa sensor untuk satu rangkaian ( diparalel ) akan bekerja dengan baik karena impedansi IC LM ini memang rendah, mungkin :p

Cukup mudah bukan untuk merancang rangkaian alarm kebakaran ini ?

http://www.engineersgarage.com/

Artikel Berhubungan :

rangkaian sensor suhu,rangkaian dgn ic lm339,bagaimana alarm kebakaran bekerja,rangkaian alarm kebakaran dengan sensor suhu,sensor kebakaran