Skema Inverter DC ke AC 220V 40Watt

Ini adalah skema inverter dc ke ac yang memiliki kapasitas daya maksimal 100W dari sumber tegangan 12VDC ke tegangan 220VAC. Rangkaian ini menurut perancangnya bisa bertahan hingga 4 tahun dan seperti yang bisa dilihat dibawah, rangkaiannya cukup sederhana. Bila belum tahu apa itu inverter baca juga artikel tentang teknologi inverter.

Jantung dari rangkaian adalah IC CD 4047 yang berfungsi sebagai multivibrator tak stabil, pin 1 dan pin 2 pada IC adalah kaki yang menentukan frekuensi yang dihasilkan rangkaian. Sedangkan untuk rangkaian ini sendiri sudah disetting di 50Hz.

IC inverter CD 4047 menghasilkan 2 x output yang kemudian diperkuat oleh penguat awal transistor TIP122 di kedua sisinya yang kemudian diperkuat dengan 2N3055 yang biasa digunakan di amplifier OCL di kedua sisinya dengan masing masing sisi 2 transistor penguat akhir.

Skema Inverter DC ke AC Skema Inverter DC ke AC 220V 40Watt

Trafo yang digunakan adalah pada skema inverter DC ke AC adalah type CT ( center tap ) 9V dengan kapasitas 10A, namun bila tidak ada bisa menggunakan trafo 5A walaupun nantinya daya yang dihasilkan hanya 60Watt maksimal.

Dalam merancang rangkaian inverter dc ke ac 100 watt ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Baterai untuk percobaan bisa menggunakan aki mobil sebagai sumber 12VDC
  • Untuk Setting frekuensi bisa disetting melalui POT R1, setting ke 50Hz menggunakan AVO yang mendukung / Osiloskop
  • Pastikan untuk menggunakan fuse / sekring 10A jaga jaga bila terjadi short
  • Gunakan soket untuk IC inverter 4047
  • Gunakan untuk peralatan sederhana, output yang dihasilkan tidak cocok bila digunakan untuk komputer atau peralatan lain yang sensitif.
  • Gunakan Heatsink untuk Transistor 2N3055
Faktor yang menentukan kapasitas daya pada skema inverter ini adalah arus maksimum pada transistor penguat akhir dan trafo yang digunakan. Sebagai contoh untuk mendapatkan hasil maksimal 100 watt dengan menggunakan tegangan baterai 12VDC maka kapasitas baterai harus ~8A . Atau :
100 watt / 12VDC = 8.3 A sesuai dengan rumus daya P=VxI

Secara kasarnya seperti itu icon smile Skema Inverter DC ke AC 220V 40Watt
http://www.circuitstoday.com

Artikel Berhubungan :

Rangkaian Inverter sederhana,inverter sederhana,skema inverter dc ke ac,cara membuat inverter,skema inverter sederhana