Tabel Kode Warna Resistor

Tabel kode warna resistor wajib diketahui baik olek teknisi, pelajar SMK, ataupun ahli listrik dan komputer dan semua aktivitas yang berkaitan dengan perangkat yang menggunakan resistor sebagai salah satu komponennya.

Terlebih lagi pada saat memperbaiki televisi, bisa dibayangkan bila harus melakukan service tv tapi tidak mengetahui nilai resistor yang terpasang. Padahal terdapat ratusan resistor yang bisa terdapat pada TV. Terlebih pada saat memasang resistor untuk pembuatan rangkaian tertentu. Sehingga mengetahui kode warna resistor merupakan skill wajib pada bidang elektro.

Ada juga software untuk membaca nilai resistor di postingan sebelumnya, namun tetap saja kemampuan membaca nilai ini tidak bisa digantikan dengan software :).

Cara membaca nilai resistor sebenarnya cukup mudah asal kita mengetahui arti nilai dari masing masing warna pada badan resistor. Terdapat beberapa warna yang mungkin terdapat di badan resistor itu sendiri. Berikut adalah tabel warna resistor :

Tabel Kode Warna Resistor Tabel Kode Warna ResistorTerdapat 12 warna berbeda yang mungkin tercetak di resistor. Terdapat banyak cara untuk menghapal tabel kode warna resistor. Saya ingat sewaktu di SMK dulu menghapal tabel diatas dengan menyebut inisial kata masing masing warna yaitu : “HICOMEJIKUHIBIUA” apa anda juga sama icon smile Tabel Kode Warna Resistor ?

Tentu saja teknik seperti itu tidak diperlukan lagi seiring kita berlatih terus menerus dan membiasakan diri untuk mengetahui nilai resistor.

Lalu bagaimana cara membaca nilai pada suatu resistor, gambar berikut mungkin bisa membantu anda dalam mempelajari mengetahui nilai resistor :

membaca nilai resistor Tabel Kode Warna Resistor

Bila kita lihat resistor paling atas pada gambar yang memiliki 4 pita warna, warna yang terdapat pada resistor yaitu :

Merah – Hijau – Orange – Emas

Warna ini bila disesuaikan dengan tabel yang ada di atas berarti :

2 – 5 – 3 – 5%

Dan ini artinya, angka pertama berarti 2, angka kedua adalah 5 sedangkan angka ketiga sebagai pengali adalah 3 yang berarti memiliki 3 angka 0 ( 000 ) Sehingga nilai resistor tersebut adalah :

25000 Ohm atau 25K Ohm dengan toleransi 5% yaitu

25000 x 5% = 1250 ohm atau 1.25K ohm

Hambatan tertinggi = Nilai resistor + nilai toleransi

Hambatan terendah = Nilai resistor – nilai toleransi

Berdasarkan rumus diatas berarti hambatan tertinggi adalah 26.25K ohm dan hambatan terendah adalah 23.75K ohm yang artinya resistor tersebut memiliki rentang hambatan dengan 26.25 – 23.75 K ohm tergantung suhu pada saat resistor tersebut bekerja.

Yang harus diingat adalah Cara pembacaan resistor diatas hanya berlaku untuk resistor dengan 4 pita warna sedangkan untuk pembacaan resistor 5 warna atau 6 warna ada sedikit modifikasi.

Yaitu Warna pertama, kedua dan ketiga menunjukkan angka nilai resistor sedangkan angka ke 4 menunjukkan faktor pengali. Bisa dilihat pada contoh gambar resistor yang kedua dengan tetap melihat nilai yang dicantumkan di gambar tabel kode warna resistor.

Artikel Berhubungan :

tabel,rumus resistor,tabel gelang warna resistor,Daftar warna Resistor,resistor dan kode warna