Transistor sebagai Saklar

Transistor adalah sebuah komponen semikonduktor elektronika yang mempunyai banyak fungsi dalm penggunaannya. Misalnya penggunaan transistor sebagai saklar atau sebagai penstabil tegangan. Transistor seperti kita ketahui mempunyai 3 elektroda yaitu Basis, kolektor dan emitor. Sebenarnya fungsi utama pada awal ditemukannya transistor adalah sebagai penguat atau amplifer baik itu sinyal ataupun lainnya.

Dikarenakan karakteristiknya atau sifatnya, transistor ini juga bisa dengan baik digunakan sebagai saklar dalam suatau rangkaian tertentu. Sebelum membahas hal tersebut, kita perlu terlebih dahulu mengetahui susunan dari sebuah transistor, berikut merupakan susunan sebuah transistor NPN :

 

susunan transistor NPN Transistor sebagai Saklar

Transistor NPN Transistor sebagai Saklar

 

 

Sedikit mengenai cara kerja transistor (untuk NPN), Arus yang berada di kaki Colector pada transistor akan mengalir menuju ke Emitor “hanya” apabila diberikan sedikit saja arus atau bisa juga tegangan pada kaki basis. Seberapa besarkah penguatan arus ini ? tergantung pada transistor ini sendiri. Atau sering dinamakan hFE / penguatan / gain, bila karakteristik transistor tersebut memiliki hFE 50, maka penguatan arus yang terjadi adalah sebesar 50X.  Juga terdapat peng-kode-an transistor untuk mengkategorikan jenis jenis transistor, lebih jelas bisa dilihat di kode transistor.

Selain itu variasi dari arus basis / sumber yang diberikan juga sangat menentukan arus yang keluar dari emitor. Itu juga yang menjadi dasar pada amplifier yang biasa digunakan di panggung dimana suara penyanyi yang kecil bila dijelaskan secara sederhana akan diumpankan ke basis transistor untuk kemudian dikuatkan dan pada emitor (keluaran) diberikan ke speaker. Paham ? icon biggrin Transistor sebagai Saklar

Bila masih bingung, secara sederhana sebuah transistor bisa diumpamakan sebagai sebuah keran air. bila diilustrasikan sebagai berikut :

memahami transistor Transistor sebagai Saklar

Pada gambar perumpamaan transistor diatas cukup jelas diketahui bahwa handle keran air yang kecil, bisa mengontrol masukan (C) dan keluaran air (E) yang volumenya cukup besar.

Kembali ke laptop pembahasan transistor sebagai saklar … icon smile Transistor sebagai Saklar

Sebelumnya perlu diketahui apa itu saklar ?

Seperti yang kita ketahui saklar adalah suatu komponen yang memiliki dua kaki dan dua keadaan yaitu  on dan off.  Pada kondisi off arus tidak bisa mengalir karena terputus aliran arusnya. Sedangkan pada kondisi on tentunya tidak ada hambatan (udara) yang menghalangi sehingga arus mengalir dengan bebas.

Dari perumpamaan transistor sebagai saklar pada gambar keran air diatas, diketahui bahwa komponen transistor memiliki sifat / karakteristik saklar. Ketika kaki basis transistor tidak diberikan arus, tidak ada arus emitor, berarti transistor terbuka (saklar off) biasa disebut cutoff.

Kalau arus basis yang cukup diberikan, maka arus kolektor akan mengalir ke emitor transistor. Bagaimana bila arus basis terus diberikan dengan lebih besar ? Inilah yang disebut dengan kondisi saturasi. Jika arus pada basis transistor diberikan lebih besar dari yang diperlukan oleh transistor untuk mencapai saturasi, maka transistor berada dalam keadaan over saturation, tegangan kolektor-emitor kecil (sekitar 0,2-0,3 Volt) dan itu berarti transistor berada dalam keadaan saklar tertutup.

Dan berikut merupakan rangkaian sederhana transistor sebagai saklar :

rangkaian transistor sebagai saklar Transistor sebagai Saklar

Rangkaian sejenis juga digunakan pada rangkaian transistor tester. Lebih jelas bila diberikan rangkaian fisiknya icon smile Transistor sebagai Saklar

transistor sebagai saklar lampu Transistor sebagai Saklar

Lalu apa kelebihan penggunaan transistor sebagai saklar ini bila dibandingkan saklar mekanis ? berikut adalah kelebihannya :

a. Tidak menimbulkan suara dan percikan api saat terjadi on-off
b. Bentuk fisik yang jauh lebih kecil
c. Lebih ekonomis.

Cukup sekian untuk penjelasan transistor sebagai saklar dan semoga bermanfaat icon smile Transistor sebagai Saklar

Update, baca juga tentang Transistor sebagai Penguat

 

Artikel Berhubungan :

transistor sebagai saklar,merangkai 2 transistor,rangkaian sederhana charger hp,saklar dc